Jual Velg Mobil Murah

JAKARTA- Serangkaian kecelakaan mobil komersial (truk) berturut-turut yang terjadi beberapa waktu lalu telah menjadi perhatian banyak orang tentang keselamatan jalan. Mayoritas kecelakaan yang disebabkan oleh truk Over Dimension Over Load (ODOL) mendorong Forum Jurnalis Otomotif Indonesia (FORWOT) untuk menyatukan sejumlah pihak terkait dalam sebuah diskusi.

Pada hari Kamis 3 Oktober 2019, FORWOT mengadakan Diskusi Cerdas yang dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Perhubungan, Kepolisian Negara Republik Indonesia, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), dan Ahli Keselamatan Berkendara, dengan tema Road to Truk Zero-ODOL di Jalan & # 39 ;.

Dalam diskusi yang juga dihadiri oleh jurnalis anggota FORWOT dan komunitas ini, diskusi berlangsung tentang cara mengatasi dan mengurangi solusi untuk menghilangkan truk ODOL di jalan raya. Karena peredaran truk ODOL dalam lalu lintas semakin mengganggu pengguna jalan.

Budi Setiyadi (Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia) mengatakan bahwa saat ini Kementerian Perhubungan sedang berusaha mempersempit ruang bagi pengusaha untuk tidak mematuhi aturan, salah satunya adalah dengan kepolisian dan pengelola jalan tol. Jenis Uji Registrasi Surat (SRUT) akan didigitalkan untuk menghindari pemalsuan.

Banyak pengusaha memodifikasi truk mereka dengan menambahkan dimensi panjang dan lebar, untuk daya dukung yang lebih besar, di luar batas yang diizinkan. Amandemen itu dilaporkan bahkan tidak dilaporkan ke Badan Manajemen Transportasi Darat (BPTD), jadi dibuatlah SRUT palsu.

"Masalahnya adalah, petugas tidak dapat mengetahui apakah itu SRUT palsu. Selanjutnya kami akan mengganti menggunakan aplikasi. Kami sedang membangun sistem terintegrasi antara Menteri Perhubungan dan Polisi sehingga nantinya kami tidak akan melakukannya lagi." butuh dokumen seperti ini, "kata Budi.

Sementara Isuzu sebagai produsen kendaraan komersial mengatakan akan menyambut peraturan ODOL, demi tingkat keamanan yang lebih baik di jalan raya. "Isuzu Indonesia tentu sangat disambut sehubungan dengan peraturan ODOL, karena produk Isuzu sendiri memang dirancang sesuai dengan peraturan keselamatan berkendara di Indonesia," kata Ernando Demily (Presiden Direktur PT IAMI).

Kementerian Perhubungan akan membawa lebih banyak inisiatif untuk meminimalkan pelanggaran terkait ODOL, salah satunya adalah dengan menerapkan jembatan timbang online di jalan tol bekerja sama dengan BPJT. (*)

Leave a Reply