Jual Velg Mobil Murah

JAKARTA— Thailand menjadi kontributor terbesar untuk penjualan otomotif di antara negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) pada paruh pertama tahun 2019 dengan kontribusi. Pada periode itu penjualan mobil di Thailand mencapai 523.770 unit.

Data Asean Automotive Federation (AAF) menunjukkan bahwa total penjualan kendaraan di kawasan ASEAN pada paruh pertama 2019 mencapai 1,69 juta unit. Anga hampir sama dengan periode yang sama pada 2018. Dari jumlah itu, kontributor terbesar berasal dari Thailand dengan 523.770 unit, diikuti oleh Indonesia dengan 481.577 unit.

Indonesia dan Thailand adalah dua pemain otomotif utama di kawasan ASEAN. Salah satu pendukungnya adalah karena kedua negara memiliki basis produksi kendaraan terbesar. Bedanya, Thailand sangat kuat untuk produk yang diekspor, sementara upaya Indonesia untuk mendorong ekspor masih perlu dilakukan.

AAF mengatakan bahwa total pasar otomotif ASEAN untuk beberapa tahun terakhir adalah 3,3 juta unit per tahun. Dari jumlah itu, Indonesia telah menjadi salah satu kontributor terbesar untuk penjualan dengan rata-rata sekitar 1,1 juta unit per tahun.

Sayangnya, pasar domestik pada semester pertama 2019 tertekan 13,7 persen atau hanya mencatat penjualan domestik 481.577 unit. Prestasi ini menjadikan pasar otomotif terbesar di babak pertama dipegang oleh Thailand dengan penjualan domestik 523.770 unit.

Ketua Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (GAIKINDO) Yohannes Nangoi mengatakan perlambatan di pasar domestik pada semester pertama 2019 sekitar 13 persen karena pemilihan presiden (Pilpres). Penjualan di babak kedua, katanya, akan membaik lagi.

"Penurunan itu cukup signifikan, karena penurunannya dua digit. Kalau saya perhatikan, harusnya bisa rebound lagi di semester dua," katanya seperti dikutip Bisnis baru-baru ini. (*)

Leave a Reply