Jual Velg Mobil Murah

JAKARTA— Mobil hemat energi dan harga terjangkau membutuhkan model yang menyegarkan sehingga penjualan dapat kembali ke gairah. Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (GAIKINDO), sepanjang tahun pasar harga hemat energi dan terjangkau (KBH2) telah melambat.

Pengiriman ke produsen turun 1,75 persen menjadi 230.444 unit. Penjualan ritel turun lebih dari 7 persen menjadi 225.480 unit. Kebijakan pembayaran nol persen untuk kendaraan bermotor diperkirakan akan sulit untuk meningkatkan penjualan segmen ini.

Penjualan KBH2 telah meningkat pada tahun 2017 karena mereka menargetkan layanan taksi online, sedangkan pada tahun 2018 segmen ini sedikit melambat. Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan, kehadiran insentif uang muka hingga nol persen akan berdampak positif pada pasar segmen mobil murah. Namun, penerapan uang muka nol persen tetap harus bisa meminimalkan risiko pembiayaan sehingga pasar otomotif masih bisa tumbuh.

"Kami berharap akan stabil tahun ini." Penurunan pasar 2018 adalah karena pasar taksi online matang yang paling didukung oleh KBH2, "katanya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan Peraturan OJK No. 35 / POJK.05 / 2018 tentang Implementasi Bisnis Pembiayaan. Peraturan tersebut mengatur kemudahan uang muka mulai dari 0 persen untuk pembelian sepeda motor hingga mobil. Namun kemudahan kemajuan bukanlah hal yang baru. OJK telah mengeluarkan surat edaran yang mengatur kemudahan uang muka.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Finance (TAF) Agus Prayitno Wirawan mengatakan, pembiayaan otomotif TAF, terutama untuk KHB2 dan kendaraan multi guna (LMPV) berpeluang memicu nonperforming financing (NPF). Dunia bisnis tahun ini memiliki sedikit pertumbuhan pengereman untuk memperbaiki kualitas pembiayaan. "Perusahaan pembiayaan akan tetap sangat selektif untuk meminimalkan risiko pembiayaan," katanya.

Agus menjelaskan, salah satu pembiayaan yang juga diadakan adalah pembiayaan kendaraan yang digunakan sebagai transportasi online. Sebab, selama ini banyak debitor yang gagal membayar cicilan karena bisnis transportasi online tidak pasti. "Kami sangat selektif." Pengalaman kami, banyak yang tidak kuat karena mereka bukan pembalap yang mencoba menjadi pembalap, "katanya.

Ketua GAIKINDO I Jongkie D Sugiarto mengatakan, pasar mobil KHB2 yang diperkenalkan pada 2013 telah menjadi salah satu kontributor terbesar terhadap volume penjualan produsen otomotif. Dengan pangsa KHB2 sekitar 20 persen, penurunan penjualan masih bisa diatasi oleh produsen.

"Pangsa berada di kisaran 250 ribu unit, hanya lima produsen, saya pikir mereka masih senang. Angka penjualan ini akan meningkat seiring dengan peningkatan penjualan nasional," katanya seperti dikutip Bisnis.

GAIKINDO mencatat, penjualan KBH2 terus meningkat sejak program pertama dirilis pada 2013. Program yang mendapatkan keringanan pajak adalah salah satu cara untuk memudahkan konsumen mendapatkan kendaraan sambil meningkatkan konten lokal.

Kehadiran model baru seperti Honda tahun lalu mampu merangsang pasar dan mengangkat penjualan Brio Satya. Selain Brio, produk KBH2 buatan Daihatsu, Sigra yang mengusung konsep mobil tujuh penumpang juga mengalami peningkatan penjualan. (*)

Leave a Reply