Jual Velg Mobil Murah

GARDUOTO – Saat ini semua sepeda motor Honda telah menggunakan sistem PGM-FI, dimana salah satu kelebihan dari sistem ini adalah dapat mendiagnosis permasalahan yang terjadi pada sepeda motor.

Hasil diagnosa tersebut akan disampaikan melalui Malfunction Indicator Lamp (MIL) yang terdapat pada bagian speedometer Honda.

Pada kondisi normal, saat kunci kontak menyala, MIL akan menyala sekitar 2 detik kemudian mati kembali dan motor siap untuk start. Selama kegagalan pada sistem PGM-FI belum diperbaiki, MIL akan terus berkedip. Banyaknya flash dalam MIL memiliki arti tersendiri untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada sistem PGM-FI.

Kedipan MIL juga ada dua yaitu kedipan cepat yang berlangsung selama 0,3 detik dan kedipan lama yang berlangsung selama 1,3 detik. Dalam mendeteksi kedipan MIL, satu kedipan panjang dihitung sama dengan 10 kedipan cepat. Kemudian untuk satu kedipan cepat akan dihitung 1.

Berikut ini adalah indikator masalah motor berdasarkan kedipan motor:

1 Berkedip

Hal ini menunjukkan potensi interferensi pada area sistem sensor atau Manifold absolute pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat vakum di intake manifold. Jika tidak segera diatasi akan menyebabkan akselerasi yang buruk dan performa mesin tidak maksimal pada kecepatan puncak.

7 Kedipan

Hal ini menunjukkan adanya potensi gangguan pada area sistem sensor suhu mesin atau biasa disebut Engine Coolant Temperature (ECT) atau Engine Oil Temperature (EOT). Akibat hal ini bisa membuat mesin agak sulit dihidupkan saat mesin dalam keadaan dingin.

8 Kedipan

Hal ini menunjukkan adanya potensi interferensi pada area sistem sensor posisi throttle position (TP), jika dibiarkan, mesin akan mudah berhenti dan akselerasi tidak akan optimal.

9 Kedipan

Menunjukkan potensi gangguan di area sistem sensor suhu udara masuk (IAT). Akibatnya performa mesin tidak maksimal, mudah mati, dan emisi gas buang yang dihasilkan tidak bagus.

11 Kedipan

Hal ini menunjukkan potensi interferensi pada area sistem sensor kecepatan sehingga indikator speedometer tidak berfungsi atau jika sudah menggunakan fitur Idling Stop System (ISS) tidak akan berfungsi.

12 Kedipan

Hal tersebut menandakan adanya potensi gangguan pada area sistem injektor sehingga sepeda motor tidak dapat distarter.

21 Berkedip

Ini menunjukkan kode untuk gangguan potensial di area sistem sensor O2 (sensor Oksigen). Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi gas buang dan kondisi pembakaran mesin. Akibatnya mesin sulit dihidupkan dan terdengar bunyi letupan di knalpot

29 Kedipan

Ini menunjukkan kode potensi interferensi di area sistem Intake Air Control Valve (IACV) yang membuat putaran stasioner tidak stabil, mesin sulit dihidupkan, dan boros bahan bakar.

33 Kedipan

Ini menunjukkan potensi interferensi di area sistem Engine Control Module (ECM) yang merupakan sumber dari semua pengaturan sistem PGM-FI. Akibatnya, sepeda motor tidak bisa dihidupkan.

52 Kedipan

Hal ini menandakan adanya potensi interferensi pada area sistem sensor crankshaft position (CKP) sehingga sepeda motor tidak dapat distarter.

54 Kedipan

Ini menunjukkan kode untuk gangguan potensial di area sistem sensor sudut bank. Sensor ini berfungsi untuk mematikan mesin saat motor terjatuh atau mengalami kemiringan hingga 60 derajat dengan toleransi + 5 derajat, dalam waktu 5 detik. Namun sepeda motor tetap bisa dihidupkan kembali dengan mematikan kunci kontak terlebih dahulu kemudian menyalakannya kembali.

67 Kedipan

Hal ini menunjukkan potensi interferensi pada sistem Honda Selectable Torque Control (HSTC) terkait putaran roda depan dan belakang yang dibaca oleh ECM. Sensor ini bekerja saat sepeda motor dalam keadaan idle dengan standar tengah, kemudian dihidupkan dan tuas gas dibuka selama 20 detik, jadi jika terdeteksi masalah maka MIL akan berkedip. Kode ini hanya muncul pada sepeda motor yang memiliki sistem HSTC seperti tipe Honda PCX160 ABS, XADV dan Forza.

Misalnya untuk membaca MIL yang berkedip adalah sebagai berikut; jika MIL pada Honda Scoopy berkedip sekali dan kemudian diikuti dengan dua kilatan cepat maka akan dihitung sebagai 12 kedipan. Maka dapat diindikasikan bahwa sepeda motor tersebut berpotensi mengalami gangguan pada sistem injektor.
Divisi Technical Service PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan bahwa MIL merupakan teknologi terintegrasi dari PGM-FI untuk memudahkan konsumen dan teknisi dalam mendiagnosis permasalahan pada sepeda motor Honda. Sehingga perbaikan yang dilakukan lebih efektif.

“Kehadiran MIL di motor Honda bukanlah hal baru. Kemudahan dalam mendeteksi permasalahan sepeda motor Honda juga dapat dikenali dengan mudah oleh konsumen. Meski demikian, kami tetap menganjurkan agar konsumen mendatangi AHASS terdekat agar motor kesayangannya bisa ditangani dengan tepat oleh teknisi AHASS, ”ujar Endro.[Go/RES]

Leave a Reply

Open chat
Halo Maxbro!!!
OTOMAX DISKON VELG MOBIL ???? BISA KREDIT LOH!
Ring 15 : Cuma 3.6Jt
Ring 16 : Cuma 4.3Jt
Ring 17 : Cuma 4.9Jt
Ring 18 : Cuma 5.9Jt

Sudah FREE ++
- Pemasangan
- Spooring
- Nitrogen
- Balancing
- Pentil
- Disc Baut Variasi
- Disc Centering

Kami menyediakan berbagai merk ban :
Pirelli | Yokohama | Michelin | Falken | Continental | Maxxis | Nangkang | Kumho
Accelera | Achilles | Bridgestone | Dunlop | GT Radial | Hankook | Kanati
_
Disini Promonya ?? :
https://linktr.ee/otomaxstore
_
*Jabodetabek | Home Credit
*Luar jabodetabek bisa pakai cicilan Marketplace (Kredivo, Akulaku Dll)
Periode Promo 01 Desember - 31 Desember 2020