Jual Velg Mobil Murah

JAKARTA- Pemerintah terus mendorong industri otomotif di Indonesia untuk menggunakan level komponen domestik (TKDN) lebih dari 50 persen. Dengan demikian, mobil-mobil ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah tinggi bagi perekonomian nasional.

Harperanto Harjanto, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Transportasi, dan Elektronik, mengatakan bahwa paling tidak pabrikan otomotif domestik dapat memproduksi 70 persen komponen dalam negeri. Jadi, itu bisa menekan beberapa komponen yang masih diimpor.

"Kami berharap dapat mencapai 70 persen, karena 100 tidak mungkin," Harjanto seperti dikutip oleh Merdeka Selasa, 13 Agustus 2019.

Harjanto mengatakan, pada prinsipnya dalam mengembangkan suatu industri harus memprioritaskan prinsip efisiensi. Karena itu, ia menekankan bahwa industri otomotif nasional dapat menggunakan komponen domestik untuk menghasilkan kendaraan roda empat.

"Tidak semua komponen Airbus dibuat di Eropa, itu dari mana-mana. Yah, ada potensi di negara ini dan harganya bisa bersaing, kualitas bisa masuk, ya mereka akan menggunakannya di dalam negeri," katanya.

Harjanto menambahkan bahwa sudah ada cukup banyak komponen dalam negeri yang dapat ditingkatkan di Indonesia saja. Seperti misalnya komponen sasis, bagian bodi mobil, hingga komponen universal lainnya seperti batrai. "Mesinnya juga sedang dalam proses membutuhkan sentuhan teknologi tambahan," katanya. (*)

Leave a Reply