Jual Velg Mobil Murah

GARDUOTO – Dikonfirmasi bahwa Dinas Pendapatan Provinsi Banten akan menyesuaikan tarif pajak kendaraan bermotor. Yakni Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Biaya Transfer Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) mulai Senin (11/03).

Di mana kenaikan seperti PKB naik dari 1,5 persen menjadi 1,75 persen. Sementara BBNKB dari 10 persen menjadi 12,5 persen.

Peningkatan ini didasarkan pada penyesuaian dari PKB dan BBNKB di Provinsi Banten. Ini sesuai dengan revisi Perda No. 1 tahun 2011 tentang penyelesaian tarif pajak daerah. Karena daerah lain seperti DKI Jakarta telah mencapai 2 persen dan Jawa Barat telah lama mengenakan tarif pajak kendaraan 1,75 persen.

Ini membuat harga mobil On The Road di wilayah Provinsi Banten akan naik. Menurut salesman Toyota yang dihubungi oleh Garduoto.com, Sabtu (9/3) mengatakan ada kenaikan pajak Jakarta yang signifikan.

"Jadi jika konsumen memiliki domisili Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masuk ke wilayah Provinsi Banten, maka akan bertambah. Tetapi jika wilayah Jakarta memang sangat banyak mengalami peningkatan," kata wiraniaga yang dihubungi.

Misalkan konsumen Tangerang Selatan yang ingin membeli mobil Toyota Voxy seperti yang dialami oleh Wahono, penduduk Bintaro, akan dikenakan kenaikan pajak pada Plat B Banten, yang harus menelan biaya Rp 12,1 juta.

Bahkan jika KTP Jakarta menaikkan pajaknya hanya sekitar Rp 2,4 juta. Sedangkan wilayah KTP Jawa Barat mengalami kenaikan sama dengan wilayah Jakarta sebesar Rp 2,4 juta.

Jika dihitung dalam persentase, selisih kenaikan harga antara wilayah Banten jika Rp. 12,1 juta dan Jakarta Rp. 2,4 juta mencapai 504% dari perbedaan pajak.

Peningkatan ini jelas sangat memberatkan bagi konsumen maupun dealer mobil di wilayah Banten dan sekitarnya. Karena bagi para dealer, ada kemungkinan banyak konsumen dengan KTP Banten berpikir dua kali untuk membeli kendaraan.

Atau mungkin nanti konsumen akan membuat kesepakatan dengan meminjam kartu keluarga di wilayah Jakarta untuk membeli kendaraan.

Kenaikan pajak ini bisa mengurangi volume penjualan di Banten dan sekitarnya yang memang terasa sangat tinggi dan berbeda dari daerah lain.[Go/Res]

Leave a Reply