Jual Velg Mobil Murah

GARDUOTO – Jika Anda memutuskan untuk pulang dengan sepeda motor dan cuacanya sangat panas, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Berikut 5 bagian yang perlu mendapat perhatian ekstra menurut PT Astra Honda Motor (AHM) ketika sepeda motor kita sering terpapar saat cuaca panas Ramadhan kali ini.

Tekanan ban

Temperatur yang panas dapat menyebabkan tekanan angin di ban berubah sehingga kenyamanan dalam berkendara menjadi berkurang. Ini dapat menyebabkan tekanan ban berubah kapan saja.

"Ini dapat diatasi dengan memeriksa kondisi tekanan ban sesering mungkin atau setidaknya sebelum berkendara. Selain itu, sesuaikan tekanan ban dengan standar yang ditentukan oleh pabrikan," kata Reza Rezdie Shahertian seperti AHM Technical Training.

BAN

Lebih memperhatikan kondisi ban. Ban sepeda motor yang terpapar panas terus-menerus dapat mempercepat penurunan kualitas ban seperti tekstur ban yang terlihat retak atau rapuh.

Ini dapat diatasi dengan mengganti ban lama dengan yang baru jika tekstur ban telah melihat retakan besar untuk mendapatkan kenyamanan saat mengemudi.

RANTAI SEPEDA MOTOR

Udara panas yang menyengat juga dapat menyebabkan pelumas dalam rantai lebih cepat kering sehingga rantai tidak lancar. Kinerja rantai dapat dikurangi, rantai akan cenderung membuat suara kasar ketika bekerja dan rantai dapat menjadi kaku.

"Ini bisa dihindari dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan berkala, seperti melumasi rantai dengan Chain Lub yang direkomendasikan, dan menyesuaikan rantai kendur yang dicetak pada stiker sepeda motor lengan ayun," lanjut Reza.

BANTALAN RODA

Ketika kondisi panas memanjang, pengendara motor juga perlu memeriksa kondisi bantalan roda atau apa yang sering disebut keras.
Selain sering melewati jalan yang rusak, suhu yang panas juga dapat menyebabkan bantalan dan pelumas yang mengeras akibat ekspansi kedua komponen.

Ciri khasnya, roda depan tidak berputar dengan lancar dan terdengar suara. Salah satu solusinya adalah mengganti segel pada bantalan ketika terlihat rapuh, dan menambahkan pelumas atau gemuk ke roda bantalan motor.

TUBUH

Sering terpapar motor di bawah sinar matahari untuk periode waktu yang berkelanjutan juga dapat menyebabkan penurunan kualitas warna tubuh sepeda motor.

Agar tidak terjadi, cucilah sepeda motor secara teratur dengan menggunakan sepeda motor khusus yang tepercaya di pasaran.[Go/Res]

Leave a Reply