• No products in the cart.
View Cart
Subtotal: £0.00

Latest News

Mesin Viral Transaction Double EDC, Pertamina Memastikan Penyelesaian

GARDUOTO – Suatu masalah viral yang dikeluhkan oleh salah satu pelanggan SPBU di Cirebon tentang masalah transaksi menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture). Efek akun konsumen didebet dua kali.

Namun, ini telah dikonfirmasi oleh Pertamina dan telah segera diselesaikan. Unit Manager Hubungan Komunikasi & CSR PT Pertamina (Persero) Wilayah Operasi Pemasaran (MOR) III Dewi Sri Utami menyatakan kronologi acara di SPBU 34.45140 yang berlokasi di Jl Ir. H. Juandha No. 62, Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.

Peristiwa itu terjadi pada hari Minggu, 9 Juni 2019 pukul 12.25 WIB. Saat itu, seorang konsumen bernama Kholdun melakukan transaksi pembelian BBM tipe Premium Rp200 ribu tunai dengan kartu debit bank.

Oleh operator yang bertanggung jawab, Miftachur, pendebitan dilakukan dengan mesin EDC. Namun bukti kwitansi transaksi tidak keluar. Pada perjanjian antara dua pihak antara konsumen dan operator, pendebitan ulang dilakukan di mana sistem konsumen diminta untuk memasukkan kembali nomor PIN pada mesin EDC.

Pada transaksi kedua, kwitansi dikeluarkan dan transaksi dinyatakan selesai. Namun keesokan harinya (Senin 10 Juni pukul 3.00 malam) konsumen kembali ke pompa bensin dan menunjukkan bukti transaksi ganda.

Dewi menambahkan, setelah bukti klaim ganda diverifikasi bersama, SPBU segera diselesaikan dengan mengembalikan uang sebesar Rp. 200 ribu sesuai jumlah yang didebit, segera.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan berharap kejadian serupa tidak akan terjadi lagi. Pertamina mendorong transaksi non-tunai agar berjalan lancar, tetapi kendala teknis seperti mesin EDC adalah hal-hal yang berada di luar wewenang kami, sehingga penyelesaian harus dilakukan dengan menunggu untuk bukti debit rekening dari bank yang bersangkutan, "tambah Dewi.[Go/Res]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top