• No products in the cart.
View Cart
Subtotal: £0.00

Intro

OZ didirikan pada tahun 1971; Semangat untuk roda telah mendorongnya untuk menjadi legenda di dunia otomotif.
Kemenangan yang kami nikmati bersama nama-nama paling ikonik di motorsport, dan upaya kami untuk meraih kesuksesan telah memastikan posisi OZ sebagai pemimpin industri.

OZ memproduksi velg untuk pasar otomotif teratas, seperti: balap (F1, Rally, DTM, Indy ..), aftermarket, sepeda motor dan OEM dengan peralatan khusus untuk mobil paling eksklusif. OZ memenuhi persyaratan khusus dari produsen otomotif bergengsi seperti Ferrari, Lamborghini, Maserati, Aston Martin, Lotus dan McLaren, untuk menyebutkan beberapa.

Kemitraan ini telah menghasilkan proyek-proyek eksklusif dan roda desain unggul dengan teknologi sangat tinggi.
Dalam dunia balap, OZ identik dengan kemenangan dan angka-angka berbicara sendiri.

OZ telah menjadi bagian dari Formula 1 sejak 1985, dan WRC sejak 1988; dan telah mengumpulkan lebih dari 150 gelar pemenang. Saat ini, OZ adalah merek yang paling sering ditemukan di mobil balap.

1971

Perusahaan ini didirikan di sebuah pompa bensin di Rossano Veneto (dekat Venesia) oleh Silvano Oselladore & Pietro Zen.

1971

Pelek alloy ringan pertama dibuat pada tahun ini dan dipasang pada Mini Cooper yang megah, yang melaju dan memenangkan perlombaan reli hari itu.

1972

OZ debut di dunia sepeda motor dengan roda moto OZ pertama.

1975

Pada tahun 1975, OZ tampil di beberapa balapan lokal, memperlengkapi beberapa tim swasta bergengsi dan memperoleh kemenangan pertama yang sederhana.

1978

OZ S.p.A. secara resmi didirikan dengan modal perusahaan sebesar 210 juta lira, berkat masuknya Isnardo Carta secara resmi.

1984

Divisi Balap OZ didirikan, dijalankan oleh Claudio Bernoni, Direktur Pelaksana OZ S.p.A. saat ini, dan produksi dimulai dengan roda untuk balap Formula 1. Kursi tunggal pertama yang dilengkapi dengan roda adalah Patrese dan F1 Alfa Romeo Euroracing dari Cheever, dengan roda dua potong magnesium dan aluminium.

 

1985

Roda OZ dengan satu tempat duduk pertama adalah tim Euro Racing Alfa Romeo F1 dengan Patrese dan Cheever, yang menggunakan dua bagian roda magnesium dan aluminium

1987

OZ menyiapkan penghargaan “Balap Roda”, dengan tujuan mengidentifikasi bakat yang muncul dalam balap motor. Gordon Murray (1988), Carlos Sainz (1990), Michael Schumacher (1991), Jacques Villeneuve (1994) dan Frank Williams (1996) semuanya merasa terhormat dengan penghargaan tersebut.

1989

Mitra rekanan OZ Jepang didirikan.

1990

Carlos Sainz memenangkan World Rally Pengemudi dalam Toyota Celica 4WD, dilengkapi dengan roda OZ.

1990

Tim Aprilia OZ diluncurkan: tim balap inovatif yang berpartisipasi selama tahun 90-an di dunia moto 250 GP dengan Aprilia yang mengubah permainan dikendarai oleh Marcellino Lucchi.

1993

Mitra rekanan OZ Deutschland didirikan.

1993

OZ bersama Alain Prost – Williams – memenangkan kejuaraan F1 pertamanya

1994

OZ mendirikan Pusat Gaya sendiri: Lab Desain OZ

1996

OZ bersama Damon Hill Williams memenangkan kejuaraan keduanya di F1

1997

Kemenangan di Kejuaraan Karting, Indianapolis 500 Miles dan Liga Balap Indy semuanya menambah koleksi medali OZ.

1998

OZ memperoleh Sertifikasi ISO 9001, yang dikeluarkan oleh dewan KBA Jerman; perusahaan Italia pertama dengan sertifikasi ini di seluruh siklus produksinya.

1999

Kolaborasi dengan Aprilia dimulai dan proyek untuk roda sepeda motor aluminium ditempa dikembangkan dan diterapkan ke RSV Seribu R.

2000

OZ memenangkan Kejuaraan Reli Dunia dengan Peugeot 206 WRC.

2001

Kemenangan baru dengan Tim Total Peugeot (Kejuaraan Konstruktor) dan dengan Tim Reli Dunia Subaru (Kejuaraan Pembalap) bersama Richard Burns. Kemenangan juga di Kejuaraan F3000, Indy 500 dan Le Mans24 Hours.2001 juga menandai kembalinya OZ ke sektor sepeda motor dengan roda aluminium tempa baru untuk After Market.

2002

Kolaborasi dimulai dengan Franco Sbarro dan Espera Sbarro, sebuah sekolah desain terkenal Perancis yang berspesialisasi dalam merancang prototipe.

2002

OZ mengadopsi prinsip-prinsip Organisasi Lean.

2004

Superturismo yang sekarang legendaris, seperti yang diperlombakan dalam kemenangan motorsport yang tak terhitung, diperkenalkan ke koleksi After Market. Klasik klasik, Supertutismo tersedia di finish ‘GT’, dan ‘WRC’ putih sebagai pengakuan atas pembalap WRC 2004 dan pabrikan yang memenangkan kejuaraan Citroen Xsara.

2005

Setiap tahun menghadirkan tantangan baru bagi tim OZ yang memperkuat status mereka sebagai produsen terkemuka dengan podium teratas di Le Mans dengan Audi R8; Kejuaraan Pembalap dan Konstruktor F1 bersama Renault F1 dan Alonso, serta Kejuaraan Pembalap dan Konstruktor Word Rally dengan Citroen.

2006

35 Hari Peringatan. OZ membuka Museum Roda OZ di kantor pusatnya di S.Martino di Lupari.

Tahun 2006 juga merupakan tahun yang luar biasa bagi departemen balap OZ:

– Alonso dan Renault memenangkan kejuaraan dunia konstruktor dan pengemudi FIA F1
– Loeb memenangkan kejuaraan pembalap Rally dengan 112 poin
– BP Ford WRT mendapatkan kejuaraan konstruktor Rally
– Audi R10 memimpin dalam lomba Le Mans
– Sukses di balapan motor paling penting di AS: Indianapolis500
– Daftar ini juga mencakup Maserati MC12 di kejuaraan FIA GT1 dan Mitsubishi di Dakar Rally Raid

2006

2006 juga melihat kembalinya desain Superleggera klasik, diganti namanya menjadi Ultraleggera, berkat pengurangan lebih lanjut dalam berat.

2007

Memuji pujian untuk roda Antares, Superleggera dan Michelangelo II, OZ memperoleh penghargaan desain berharga lainnya di Essen Motorshow ketika majalah AutoBild menyatakan roda Botticelli III “roda terbaik tahun ini”. Sementara itu, OZ meluncurkan lini produk teknologi tinggi baru, yang disebut HLT: Teknologi Cahaya Tinggi.

2007

OZ mencapai rekor luar biasa dari 100 kejuaraan.

2010

Audi menang satu-dua-tiga di Le Mans dengan roda OZ Racing. Perusahaan roda Italia adalah mitra teknis Tim Jerman dengan sembilan kemenangan bersama.

2011

OZ merayakan “40 Anniversary of the Brand” dan musim balap yang hebat.

Podium paling signifikan 2011:
– Formula Satu (judul konstruktor dan driver bersama Red Bull dan Sebastian Vettel)
– Judul konstruktor dan driver WRC bersama Citroen Total World Really Team dan Sébastien Loeb)
– 24 Jam Le Mans dengan Audi Sport
– Judul DTM dengan Audi Sport
– Judul GT1 dengan Tim AMR HEXIS

2012

Scuderia Ferrari memilih dan memilih OZ: musim 2012 menandai awal kemitraan dengan Ferrari. OZ mengembangkan dan memproduksi roda untuk kursi tunggal Fernando Alonso dan Felipe Massa.

2012

Di Formula 1, OZ memenangkan gelar dunia ketiga berturut-turut dengan Red Bull Racing setelah kemenangan luar biasa 2010 dan 2011. Selain itu, tiga pembalap teratas di meja (Sebastian Vettel, Fernando Alonso dan Kimi Raikkonen) semuanya berlomba di atas roda OZ.

2012

Di WRC, OZ merayakan delapan Kejuaraan Konstruktornya dengan Citroen Total World Rally Team dan Kejuaraan Pembalap kesembilannya dengan Sebastien Loeb.

2012

2012 juga menandai kemenangan ke-11 OZ dengan Audi Sport pada edisi ke-80 24 jam Le Mans.

2012

Indy Car: podium OZ penuh di Indianapolis 500 Mile Race. Pengemudi yang finis pertama, kedua dan ketiga semuanya menang di atas roda OZ.

2013

Kemitraan antara OZ dan Volkswagen Motorsport dimulai dengan sebuah ledakan: Sebastien Ogier dan VW memenangkan WRC dunia pada penampilan debut mereka.

2013

Kemenangan hati keempat berturut-turut untuk Sebastian Vettel di kursi tunggal Red Bull yang dilengkapi dengan pelek OZ.

2014

OZ merayakan 30 tahun sejarah di dunia balap.

2015

OZ memperbarui kemitraannya dengan Tim Ferrari selama 5 tahun lagi. Dua merek Italia yang terkenal akan bermitra melalui 2019

Scroll to top