Jual Velg Mobil Murah

TEGAL – Pengguna jalan tol Kanci-Pejagan Trans Jawa sekarang dapat memanfaatkan keberadaan tempat istirahat dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dengan fasilitas toilet mencapai 308. Angka itu dicatat sebagai catatan dalam Guinness World Records. Tempat istirahat dan pompa bensin dibangun oleh PT Retno Muda di Kilometer (KM) 228 Pejagan Tol, Brebes (Jawa Tengah).

Sebelum memasuki jalan tol, PT Retno Muda juga telah membangun dan mengelola pompa bensin Muri di Jalan Pantura Dampyak, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah dengan fasilitas toilet bersih yang mencapai 107 toilet dan dicatat sebagai catatan di Museum Rekor Indonesia (Muri). ). "Tempat istirahat di Jalan Tol KM 228 Kanci-Pejagan adalah investasi terbaru kami. Di sana kami membangun pompa bensin besar dengan banyak toilet seperti pompa bensin Muri," kata Direktur PT Retno Muda, Bernadus Suharto Kusumowidagdo pada peringatan 50 tahun. Peristiwa PT Retno Muda di SPBU Muri, Tegal, Juli 2019, seperti dikutip dari Tagar.

Bernadus mengungkapkan bahwa jumlah toilet yang disediakan di tempat istirahat yang telah resmi dibuka pada Desember 2018 mencapai 308. Jumlah ini, menurutnya, menerima penghargaan dari Muri sebagai tempat istirahat dengan jumlah toilet terbanyak di dunia. SPBU Muri ini telah menerima banyak simpati dari konsumen dalam layanannya. Kami hanya mendapat sedikit dampak karena jalan tol. Goyangkan sedikit turnover.

"Setelah terdaftar sebagai rekor dunia di Muri, kami juga mendaftarkannya di Guinness World Records. Saat ini sedang dalam proses," kata Bernadus.

Masjid, 800 Parkir Mobil, dan UMKM

Lebih lanjut Bernadus mengungkapkan, selain fasilitas toilet di ratusan, area istirahat, terletak di jalur A (Jakarta-Semarang), juga dilengkapi dengan masjid dengan biaya konstruksi mencapai Rp 2,9 miliar. "Untuk fasilitas parkir kendaraan, kapasitasnya bisa menampung 600 hingga 800 kendaraan," katanya.

Bernadus juga menjamin bahwa area komersial yang disediakan mengakomodasi pengusaha Mikro dan Menang Usaha Kecil (UMKM). Dia menyebutkan ada 30 UKM yang telah ditampung di rest area. Mereka juga difasilitasi membayar sewa untuk tempat itu. "Sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah, 30 persen dari area komersial harus disediakan untuk UMKM. Kami bahkan masih terbuka untuk menjadi lebih dari 30 persen," katanya. (*)

Bernadus mengakui bahwa pembangunan area istirahat dan pompa bensin di jalan tol adalah langkah yang diambil oleh perusahaan untuk mengatasi koneksi Jalan Tol Trans Jawa yang berdampak kecil pada omset SPBU Muri di Jalan Pantura.

"SPBU Muri telah menerima banyak simpati dari konsumen dalam pelayanannya. Kami hanya mendapat dampak yang sangat kecil karena jalan tol. Goyangkan sedikit omset," katanya.

Direktur PT Retno Muda, Joko menambahkan, penyediaan toilet bersih dalam jumlah banyak karena keberadaannya menjadi kebutuhan dasar bagi pengguna jalan.

"Sebagian besar stasiun toilet minimal dan kotor. Jadi kami berusaha memberikan layanan maksimal dengan menyediakan toilet besar dan bersih," katanya. (*)

Leave a Reply