Jual Velg Mobil Murah

GARDUOTO – Agar kendaraan Anda menjadi aman dan nyaman selama mudik, lebih baik melakukan pemeriksaan rutin terhadap komponen kendaraan penting seperti baterai, oli, hingga kaki mobil.

Pengecekan rutin kendaraan memang terlihat sepele, tetapi sangat penting untuk dilakukan sehingga dapat menekan munculnya masalah pada kendaraan untuk meminimalkan kondisi fatal yang tidak diinginkan dalam perjalanan.

Memiliki layanan berkualitas Astra, Shop & Drive menerapkan 11 poin inspeksi kendaraan rutin secara gratis di semua outlet Shop & Drive. Berikut ini adalah komponen penting untuk diperiksa sebelum melakukan perjalanan bolak-balik:

1. Listrik dan Air Baterai

Memeriksa sistem daya baterai bertujuan untuk menentukan level tegangan baterai. Jika level tegangan lemah, ini bisa menyulitkan mobil untuk dinyalakan atau baterai di tengah perjalanan bolak-balik.

Terminal baterai yang kotor juga harus dibersihkan dan dikencangkan kembali, karena jika terminal baterai yang longgar di masa depan dapat menyebabkan sistem kelistrikan tidak berfungsi dengan baik.

Selain itu, kabel dalam baterai juga merupakan bagian yang tidak boleh dilupakan dalam pengecekan. Karena jika tidak dipasang dengan benar, akan menyebabkan korsleting sehingga dapat menyebabkan kabel baterai meleleh dan bahkan menyebabkan percikan api yang mengakibatkan pembakaran kendaraan.

Air baterai juga tidak boleh luput dari pengecekan karena jika aki kering, itu akan merusak komponen lain dalam kendaraan dan tentu akan mengganggu perjalanan bolak-balik. Dengan mengganti baterai baru sebelum pulang, tentu saja akan memastikan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan bolak-balik.

2. Oli mesin, transmisi, gerbang

Oli engine, transmisi, dan gandar juga tidak dapat diabaikan dalam pemeriksaan. Dengan melihat fungsinya yang sangat penting dalam mengurangi gesekan antar komponen, penggantian oli merupakan hal penting yang harus dilakukan dalam upaya mencegah kerusakan komponen, panas berlebih, penurunan kualitas mesin, dan pemborosan penggunaan bahan bakar.

3. Shock Absorber

Shock absorber adalah komponen kendaraan yang berfungsi untuk menyerap guncangan yang muncul saat kendaraan melewati gundukan atau lubang, terutama di jalan-jalan yang tidak dapat diprediksi pada perjalanan bolak-balik. Karena itu, memeriksa Shock Absorber juga harus dilakukan agar pengemudi selalu merasa nyaman dan menghindari bahaya.

4. Filter Udara

Saringan udara penting untuk dibersihkan untuk mencegah tarikan mesin berkurang, buang bahan bakar, kebisingan mesin kasar, dan mesin tidak bekerja dengan sempurna.

5. Filter Oli dan AC

Agar perlindungan oli engine bekerja optimal dan membuat engine terawat dengan baik, filter oli yang berfungsi untuk menyaring kotoran pada oli juga tidak boleh luput dari pengecekan sebelum melakukan perjalanan bolak-balik. Tidak hanya itu, filter AC juga perlu diperiksa untuk menyaring udara kotor yang dapat menyebabkan penyakit jangka panjang untuk semua penumpang di dalam mobil.

6. Tekanan Angin

Mempertahankan tekanan angin dapat mencegah ban pecah tiba-tiba di tengah perjalanan bolak-balik, mampu membuat jarak pengereman yang lebih baik, menciptakan stabilitas mengemudi pada kecepatan tinggi atau tikungan, menjaga ketahanan ban lebih baik, dan menghemat bahan bakar.

7. Minyak rem

Rem sangat penting saat mengemudi, minyak rem yang kotor dapat mengurangi fungsi rem, sehingga pemeriksaan rutin terhadap kualitas minyak rem digunakan.

8. Radiator Air

Sistem pendingin engine juga harus dijaga dengan cukup baik. Air radiator membuat komponen radiator tidak kekurangan air dan menyebabkan mesin terlalu panas atau memanas.

9. Semir Ban

Memoles ban secara teratur, akan membantu membersihkan ban dari kotoran yang membandel. Jadikan ban terlihat seperti baru sesuai dengan warna karet ban asli. Dan tentu saja Anda bisa memberikan perawatan agar ban tetap dalam elastisitasnya.

10. Kondisi Wiper Blade

Wiper memerlukan pemeriksaan rutin, sehingga pandangan pengemudi saat bepergian bolak-balik jelas dan tidak terganggu oleh semua kotoran yang menempel.

11. Lampu utama dan sinyal belok

Terakhir, periksa kondisi lampu utama dan nyalakan lampu sinyal, apakah lampu itu masih cocok untuk digunakan atau tidak. Periksa juga sistem kelistrikan, terutama koneksi kabel dan kondisi kabel, dan bohlam.
Dengan melakukan 11 titik pemeriksaan rutin, diharapkan perjalanan Anda akan lebih aman dan lebih menyenangkan.[Go/Res]

Leave a Reply