Jual Velg Mobil Murah

GARDUOTO – Ketika Anda memiliki mobil impian, perawatan mobil menjadi hal utama. Merawat mobil dengan tujuan rutin adalah menjaga mobil nyaman untuk dikendarai dan selalu dapat berfungsi secara optimal.

Selain itu, untuk memperpanjang umur mobil, serta untuk memastikan bahwa harga jual mobil tetap bernilai tinggi ketika ingin dijual kembali.

Country Manager Carsome Indonesia Andreas Djingga mengakui bahwa perawatan mobil rutin dapat menyusahkan dan menghabiskan waktu.

"Tetapi kerja ekstra Anda akan terbayar ketika Anda ingin menjual mobil lagi setelah beberapa waktu digunakan. Inspektur Carsome akan memperkirakan perkiraan harga mobil Anda dengan hati-hati dan ketekunan Anda akan mendapatkan harga yang tepat," kata Andreas.

Secara detail, Andreas juga membagikan tips perawatan mobil yang perlu dilakukan. Pemeliharaan mobil berkala berikut ini harus dilakukan, baik secara pribadi maupun dengan layanan reguler ke garasi.

Pastikan cairan di dalam mobil selalu mencukupi

Mobil berfungsi dengan menggunakan beberapa jenis cairan yang harus diperhatikan, mulai dari air radiator atau pendingin yang berfungsi sebagai pendingin mesin, power steering yang berfungsi sebagai pelumas, dan minyak rem yang berfungsi sebagai sistem hidrolik selama proses pengereman.

Luangkan waktu Anda ketika merawat mobil untuk memeriksa cairan, terutama air radiator atau pendingin yang sering berkurang di ruang radiator. Pastikan mobil Anda menggunakan cairan pendingin yang disarankan, karena dapat mempertahankan suhu ruang bakar.

Ganti Oli Pelumas Secara Berkala

Oli mesin adalah elemen penting dari mobil yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara komponen, pendingin, peredam getaran, pembersih debu, hingga karat pada engine.

Namun, oli mesin yang bekerja keras terus menerus akan mengalami penurunan dalam penggunaannya, sehingga mengharuskannya diganti dengan yang baru. Lakukan penggantian oli engine setiap 5.000 km sekali untuk menjaga mobil Anda sehingga performa mesin tetap optimal.

Layanan Rutin atau Tune Up

Saat mobil sering digunakan, saatnya Anda merawat mobil dengan membawanya ke mekanik yang andal untuk melakukan peremajaan sehingga kondisinya tetap bugar.

Lakukan servis rutin atau sempurnakan setiap 10.000 km (sesuai dengan manual merek mobil) di bengkel yang telah terbukti kualitasnya dan dapat diandalkan.

Jika ada masalah dengan mobil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik untuk mendapatkan perawatan ekstra sehingga kondisi mobil kembali dalam kondisi prima.

Perhatikan kondisi baterai

Baterai adalah salah satu sumber listrik dalam kendaraan dan bisa dibilang merupakan komponen vital baterai. Jika ada kerusakan atau kehilangan daya, kendaraan tidak akan dapat beroperasi secara normal.

Lakukan pengecekan dengan memastikan air baterai selalu berada pada level yang seharusnya, yaitu di antara penanda batas.

Selain itu, pengecekan juga dapat dilakukan dengan melihat voltase baterai menggunakan voltmeter, tetapi jika Anda tidak yakin untuk melakukan pengecekan sendiri, Anda harus selalu memeriksa setidaknya sebulan sekali ke bengkel terdekat.

Bersihkan Mobil Agar Tidak Karat

Masih banyak pengendara yang tidak peduli kebersihan saat berkendara. Padahal sebenarnya mencuci mobil adalah salah satu hal yang mudah dilakukan dalam merawat mobil agar tetap awet.

Cuci mobil setidaknya sekali seminggu setelah bepergian, terutama dengan mobilitas tinggi kendaraan sering melewati jalan yang banjir dan kotor. Cuci ke sudut sempit mobil untuk menghindari karat pada beberapa komponen mobil.[Go/Res]

Leave a Reply