Jual Velg Mobil Murah

GARDUOTO – Banyak orang menganggap mengendarai mobil dengan sistem transmisi matik atau otomatis lebih mudah dikendarai. Namun sebenarnya ada banyak hal yang harus diperhatikan.

Salah satunya adalah kebiasaan sebagian pengendara yang menggunakan kaki kiri saat menginjak pedal rem. Padahal hal tersebut jelas merupakan kesalahan besar karena membahayakan pengemudi dan penumpang lain saat bepergian.

Pengereman dengan kaki kiri menimbulkan perasaan tidak terjawab dan berbahaya.

Selain itu, pengendara bisa tanpa sengaja menginjak rem dan pedal gas secara bersamaan.

Hal ini dapat memperpendek umur komponen seperti kopling pada transmisi otomatis.

“Pasalnya, kopling dalam kondisi bekerja atau berputar, tapi tenaga gerak tertahan oleh tekanan rem,” kata Samsudin, Aftersales Support – Astra Peugeot.

Pengemudi yang terbiasa menggunakan mobil bertransmisi manual, kaki kirinya sudah terbiasa menginjak tuas pedal kopling dengan sangat dalam.

Namun jika Anda melakukan hal yang sama dengan pedal rem saat menggunakan mobil matic, dikhawatirkan mobil tersebut akan berhenti mendadak. Jelas ini berbahaya bagi diri Anda sendiri maupun orang lain.

Menurut Samsudin, rasa yang dirasakan antara kaki kanan dan kiri saat melakukan pengereman dengan mobil matic sangat berbeda. Apalagi saat mengoperasikan mobil manual, kaki kanan lebih aktif menekan pedal rem.

Jadi sebaiknya selalu gunakan kaki kanan untuk mengoperasikan pedal gas dan pedal rem secara bergantian.

Begitu juga soal perawatan. Sekilas terlihat seperti mobil matic tanpa perawatan. Sebagian besar pengguna mobil matic merasakannya tanpa perawatan dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual.

Mobil bertransmisi otomatis juga perlu menjaga sistem transmisinya. Yaitu perawatan oli transmisi, oli transmisi saat ini menggunakan tipe LONG LIFE yang artinya memiliki masa pakai yang lama dan hanya bertambah jika ada kekurangan akibat kebocoran.

Namun, agar transmisi kendaraan lebih awet dan performa yang lebih baik, tetap disarankan mengganti oli transmisi per 40 ribu kilometer karena kondisi lalu lintas dan suhu tinggi.[Go/RES]

Leave a Reply