Jual Velg Mobil Murah

JAKARTA- Beberapa produk mobil buatan India sudah mulai menjadi salah satu pilihan konsumen di sejumlah negara ASEAN, termasuk Indonesia. Harga kompetitif dan desain menarik menjadi salah satu daya tarik mobil buatan India. Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (GAIKINDO) mencatat ada tiga merek yang telah memasarkan produk otomotif dari India, yaitu Tata Motors, Suzuki, dan Renault.

Direktur Administrasi, Hubungan Perusahaan dan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam, mengatakan bahwa industri otomotif India sangat kuat berkat dukungan dari industri baja dan komponen. Apalagi pasar kendaraan di India sekitar empat juta unit per tahun.

"India memiliki pasar yang sangat besar dengan empat juta unit. Pasar ASEAN sekitar 3,3 juta unit. Indonesia karena berada di kawasan Asia Tenggara harus mengambil keuntungan dari pasar ASEAN. Ada risiko bahwa India akan masuk, tetapi sebaliknya kami juga dapat mengisi pasar India, "katanya seperti dikutip Bisnis, Rabu 31 Juli 2019.

India memiliki perjanjian kerja sama dengan kawasan ASEAN melalui Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN – India (AIFTA). Neraca perdagangan Indonesia-India hingga Mei 2019 masih mencatat surplus 3 miliar dolar AS (AS) dengan pendorong utama ekspor Indonesia berasal dari komoditas kelapa sawit.

Bob mengatakan, banyak pabrikan global menjadikan India sebagai basis produksi, terutama untuk kendaraan kecil. Toyota, katanya, juga memiliki pabrik di India tetapi skalanya hampir sama dengan Indonesia.

Dia berpendapat, dengan surplus neraca perdagangan masih dipegang oleh Indonesia, India akan melihat peluang yang dapat dikerjakan untuk menciptakan keseimbangan neraca perdagangan. Meski demikian, konsumen akan mendapat manfaat dari mendapatkan berbagai pilihan kendaraan.

"Konsumen senang karena ada lebih banyak pilihan, tetapi kita harus mengambil keuntungan dari pasar ASEAN," katanya. (*)

Leave a Reply