Latest News

Dua Juta Kendaraan Bermotor di Provinsi Banten Tunggakan Pajak – GAIKINDO

SERANG – Sebanyak 2.135.484 unit kendaraan bermotor di Provinsi Banten menunggak Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Untuk mengatasinya, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Banten mendatangi pembayar pajak langsung ke rumah mereka. Di kota Serang, misalnya, ada 56 rumah yang akan dikunjungi oleh petugas Bapenda selama sepuluh hari.

Tidak hanya membenarkan pembayar pajak untuk kendaraan yang dimilikinya, tim Bapenda juga membawa serta mobil Samsat keliling untuk memudahkan pembayar pajak membayar kewajiban mereka. Kepala Bapenda Banten Opar Sohari mengatakan, kegiatan door to door dilakukan untuk mengingatkan wajib pajak. "Kami tidak segera meminta wajib pajak untuk membayarnya ketika kami tiba, karena mungkin belum disiapkan," kata Opar seperti dikutip JPNN Kamis, 27 Juni 2019

Dengan kedatangan karyawan Bapenda, wajib pajak yang menunggak pembayaran dapat membayar di awal bulan. Jika kantor UPT Samsat dianggap terlalu jauh, ia akan menyediakan mobil Samsat seluler. Bahkan jika mereka tidak ada, wajib pajak dapat membayar di Kantor Pos, ATM bank mitra, dan minimarket yang telah bekerja sama dengan Bapenda dan Kepolisian Daerah Banten.

Dia mengatakan, melacak kendaraan langsung ke rumah wajib pajak adalah salah satu inovasi yang dilakukan oleh Bapenda untuk terus meningkatkan pendapatan PKB dan meminimalkan tunggakan. "Sebenarnya, sifatnya mengingatkan kita, karena ada pembayar pajak yang, karena mereka terlalu sibuk bekerja, dilupakan atau malas karena mereka lelah, jadi kami mengingatkan mereka sekaligus menutup layanan mereka," kata Opar.

Kemudian dari 10 jenis kendaraan lain, minibus menempati posisi kedua, 114.969 unit, 33.198 unit pick-up, 25.243 unit sedan, 12.528 sepeda motor roda tiga, dan 11.957 unit truk ringan. Selain itu, 9.781 unit kendaraan jip, 3.594 unit truk, 1.389 unit mikroba, 429 unit bus, dan 26 unit alat berat. (Foto: Kebebasan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top