Jual Velg Mobil Murah

GARDUOTO – Sebagai warga negara yang baik tentu saja orang akan mematuhi pajak. Tetapi masalahnya adalah merebaknya virus korona di Indonesia dan membuat pemerintah merekomendasikan agar orang tinggal di rumah untuk menghindari tertularnya virus itu.

Nah bagi Anda yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor tahunan disarankan untuk tidak datang langsung ke Samsat.

Meskipun layanan SAMSAT masih beroperasi, tidak ada salahnya tinggal di rumah untuk meminimalkan penyebaran virus, karena sekarang sudah ada online online melalui aplikasi.

Berikut prosesnya:
1. Unduh aplikasi National Samsat Online

2. Pilih menu pajak kendaraan bermotor (PKB) dan tekan menu registrasi

3. Nanti akan ada pemberitahuan, TBPKP (Bukti Pembayaran Kewajiban Pembayaran) dan stiker validasi STNK akan dikirim ke alamat yang tercantum di STNK. Di sini kita diminta untuk mengambil keputusan, apakah setuju atau tidak. Setuju tentu saja tekan tombol setuju.

4. Kemudian formulir yang harus diisi oleh wajib pajak (orang yang membayar pajak), yaitu nomor polisi, NIK, lima digit terakhir dari nomor pemesanan, nomor telepon dan email.

5. Saat diisi, tekan tombol lanjutkan. Sistem akan memproses data selama kurang lebih satu menit. Jika data yang dimasukkan benar, akan muncul data lengkap tentang kendaraan yang akan dibayar pajak, serta jumlah pajak yang harus dibayar.

6. Kemudian, wajib pajak meninggalkan tombol setuju untuk setuju untuk mendapatkan kode pembayaran, yang akan digunakan untuk membayar pajak melalui layanan perbankan E-Channel (e-Banking atau ATM).

Setelah melakukan sesuai dengan instruksi di atas dan membayar, Samsat secara otomatis mencetak Bukti Kewajiban Pembayaran (TBPKP) atau STNK-nya, yang akan dikirim langsung ke rumah, dalam waktu 3 hari.[Go/Res]

Leave a Reply