Jual Velg Mobil Murah

GARDUOTO – Pertamina telah mulai menguji B30 di sejumlah Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) pada Kamis (21/11).

Menurut VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menjelaskan, TBBM akan menjadi proyek percontohan untuk memadukan FAME (Fatty Acid Methyl Ester) dengan Solar.

"Uji coba ini akan dilakukan secara bertahap sebelum akhirnya dilaksanakan secara keseluruhan. Pada 21 November 2019 akan dilaksanakan di 2 terminal BBM, Boyolali dan Rewulu," katanya.

Selanjutnya, pada akhir November akan diberlakukan di Balikpapan TBBM dan Desember 2019 akan dilanjutkan di Medan TBBM, Grup Jakarta dan Panjang TBBM, RU III Plaju dan RU VII Kasim.

Sehingga pada Januari 2020, sebanyak 8 poin Pertamina siap untuk mencampur B30.

Percobaan yang berlangsung hingga 31 Desember 2019 dilakukan dengan mengacu pada ketentuan yang ditetapkan dalam Keputusan ESDM 227/2019. Dalam beberapa tahun terakhir, realisasi penyerapan FAME terus meningkat.

Pada 2017, penyerapan FAME mencapai 2,51 juta KL. Kemudian meningkat menjadi 3,2 juta KL pada 2018.

"Dan hingga Oktober 2019, total penyerapan FAME oleh Pertamina telah mencapai 4,493 juta KL," tambahnya.

Fajriyah menambahkan bahwa Pertamina terus mendukung kebijakan pemerintah untuk menerapkan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Selain menyediakan B30, Pertamina juga aktif mengembangkan sumber energi baru dan terbarukan lainnya seperti panas bumi (geothermal), panel surya dan bahkan telah menyediakan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Listrik di Kuningan, Jakarta.

"Ini menunjukkan bahwa kami memainkan peran aktif dalam pengembangan energi alternatif. Karena kami menantikan transisi energi yang cukup besar, dan kami yakin Pertamina siap menghadapinya," pungkasnya.[Go/Ags]

Leave a Reply