• No products in the cart.
View Cart
Subtotal: £0.00

Latest News

Apakah Mobil Anda Dapat Mengklaim Asuransi?

GARDUOTO – Seperti dilansir beberapa media tentang maraknya insiden pembakaran mobil akibat kejahatan.

Tentu saja timbul pertanyaan bagi setiap pemilik mobil yang diasuransikan, apakah mobil yang telah diasuransikan masih akan mendapat penggantian dari pihak asuransi jika dibakar karena kejahatan?

Komunikasi SVP, Acara, dan Manajemen Layanan Asuransi Astra, L. Iwan Pranoto menjelaskan bahwa pada dasarnya risiko kendaraan yang terbakar dapat ditanggung oleh pihak asuransi.

Jika penyebab pembakaran itu karena perbuatan jahat, maka asuransi akan ditanggung. Hal ini dinyatakan dalam Kebijakan Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 1 ayat 1.2 tentang perbuatan jahat.

Dalam ketentuan kebijakan, tindak kejahatan adalah tindakan seseorang atau sekelompok orang yang berjumlah kurang dari 12 (dua belas) orang yang dengan sengaja merusak harta benda orang lain karena balas dendam, iri hati, amarah, atau vandalisme.

"Tetapi jika penyebabnya termasuk dalam kerusuhan atau terorisme, maka itu di luar ketentuan kebijakan dan asuransi tidak diganti. Jadi, dalam proses penggantian atau klaim, perusahaan asuransi tidak lantas memberikan tanggung jawab sebelum mengetahui penyebabnya," jelasnya. .

Namun kembali teringat apakah mobil terbakar dilihat dari hasil investigasi penyebab mobil itu terbakar.

Jika penyebab pembakaran mobil adalah karena kejahatan yang dilakukan oleh suami atau istri, anak-anak, orang tua atau saudara kandung dari tertanggung; orang yang bekerja untuk Tertanggung, seseorang yang berpengetahuan atau berwenang oleh Tertanggung; orang-orang yang tinggal dengan Tertanggung; manajemen, pemegang saham, komisaris atau karyawan, jika Tertanggung adalah badan hukum; orang-orang yang berada di bawah pengawasan Tertanggung.

Jika kejahatan terbukti telah dilakukan oleh salah satu elemen yang disebutkan di atas, tentu saja perusahaan asuransi juga tidak dapat membantu untuk menutupi.
Terkait hal ini juga telah dinyatakan dalam Bab II Pasal 3 ayat 1.3 dan ayat 4.1 tentang adanya beberapa pengecualian terhadap penggantian mobil yang terbakar yang tidak dapat ditanggung oleh pihak asuransi seperti Bab II Pasal 3 ayat 4.1 yang berbunyi: "Ini pertanggungan tidak menjamin kerugian, kerusakan dan / atau biaya untuk Kendaraan Bermotor dan / atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga jika: disebabkan oleh tindakan yang disengaja dari Tertanggung dan / atau pengemudi dan / atau orang yang bekerja untuk dan / atau Tertanggung ;

Dalam Bab II Pasal 3 ayat 1.3 dan ayat 4.1, ini berarti bahwa perusahaan asuransi tidak akan mengganti kerusakan mobil yang terbakar karena kejahatan di mana pelakunya adalah yang disebutkan dalam Bab II Pasal 3 ayat 1.3 dan ayat 4.1 atau penemuan suku cadang atau bagian yang tidak sesuai dengan standar atau modifikasi dari pemilik mobil tanpa melaporkan kepada asuransi sebelum penyelidikan setelah asuransi.

Maka kita dapat yakin bahwa pemilik kendaraan yang terbakar ini tidak dapat memperoleh penggantian dari asuransi.

Oleh karena itu pemegang polis diharapkan untuk memeriksa ulang kebijakan yang diadakan, memastikan jenis perlindungan dan tingkat perlindungan yang diambil sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sebagai solusi untuk pengecualian ini adalah memperluas jaminan, yang merupakan layanan perlindungan tambahan di luar ketentuan kebijakan asuransi umum.

Perlindungan ini menjamin penggantian risiko kendaraan yang disebabkan oleh beberapa penyebab, termasuk bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tsunami, hingga kerusakan yang disebabkan oleh kerusuhan, kerusuhan, terorisme, sabotase, dan lainnya.

Bagaimana cara mengklaim mobil yang terbakar? Untuk pelanggan asuransi Garda Oto, cara untuk mengklaim konsekuensi kebakaran sangat mudah, Anda dapat melaporkan kejadian tersebut melalui pusat kontak Garda Akses di nomor 1500112 yang dapat membantu Anda 24 jam atau mengunjungi kantor cabang atau Garda Centre terdekat.

Dan harus dicatat, pelaporan kerugian harus dilakukan selambat-lambatnya lima hari kerja setelah kejadian, sebagaimana dinyatakan dalam kebijakan.

Karena itu, segera tingkatkan perlindungan kendaraan Anda dengan memperluas jaminan di Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra.

Melalui perluasan agunan, Anda dapat mengajukan klaim dengan mudah dengan melaporkan dan melampirkan bukti dokumen yang diperlukan.

Jika sewaktu-waktu mobil Anda rusak karena peristiwa semacam itu atau membutuhkan bantuan darurat, segera laporkan dengan menghubungi Pusat Panggilan Asuransi 24 jam Astra di nomor 1500112 untuk mendapatkan perawatan dari Garda Siaga secara gratis.[Go/RES]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top