Jual Velg Mobil Murah

GARDUOTO – Perilaku over dimensional dan overload (ODOL) masih menghantui pengguna jalan. Meski polisi sering melakukan razia dan tindakan, namun para pelaku juga tidak sadar.

Jangan karena hanya mengejar untung sehingga bisa menimpa keamanan di jalan raya. Tidak hanya ODOL tetapi juga mempengaruhi kendaraan lain.

Kecelakaan besar di Tol Cipularang 2 September 2019 yang melibatkan sekitar 20 kendaraan. Selain dua truk yang mengangkut tanah yang diduga menjadi pemicu kecelakaan, kendaraan lain yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan truk ODOL juga menjadi korban dan dirugikan.

Truk ODOL memang meminimalkan biaya operasional karena transportasi yang harus diangkut 3 kali dapat diangkut hanya sekali, atau yang harus diangkut 5 kali 3 kali. Namun, di balik semua itu ada konsekuensi yang harus ditanggung.

Dan di sini adalah potensi berbahaya dari perilaku ODOL yang berpotensi menabrak:

1. Perbesar titik buta

Area olahraga tunanetra adalah area buta untuk pengemudi dan juga area berbahaya bagi pengemudi lain. Karena pengemudi tidak dapat melihat kendaraan lain.

Semakin panjang dan lebar dimensi kendaraan, atau semakin gemuk bebannya, semakin besar area buta kendaraan. Ini secara otomatis meningkatkan potensi bahaya yang lebih besar karena pengemudi mungkin tidak menyadari kendaraan yang menyerempet kendaraan lain.

2. Ruang terbatas

Dengan dimensi yang berlebihan dan beban yang tinggi atau gemuk, pergerakan truk ODOL semakin terbatas sehingga hanya di lokasi lapangan yang dapat dilewati. Bahkan untuk mengisi bahan bakar BBM kadang-kadang tidak dapat dilakukan di setiap pompa bensin karena bodi kendaraan terlalu panjang atau lebar.

3. Bagian depan mudah diangkat

Penambahan dimensi panjang bodi ke belakang di overhang atau overload di bodi belakang membuat potensi ban depan menjadi lebih besar. Tidak hanya ban, tetapi juga kepala truk diangkat. Apalagi jika Anda naik ke jalan. Risiko berikutnya adalah kemungkinan besar kargo akan tumpah dan kemudian bagian depan mobil terbanting keras.

4. Pengereman tidak optimal

Beban berlebih membutuhkan rem untuk bekerja lebih keras dan menjadi lebih panas. Efeknya, pengereman lebih lama dan yang terburuk adalah sistem pengereman gagal atau gagal saat melintasi turunan. Ini juga yang diduga menyebabkan dua truk angkutan darat gagal mengerem dan memicu kecelakaan besar di Jalan Tol Cipularang, 2 September 2019.

5. Miringkan dan putar saat menikung

Payload yang bergerak karena terlalu tinggi atau terlalu gemuk membantu meningkatkan gaya sentrifugal ketika mobil melaju di jalan menikung. Alhasil mobil terangkat oleh bobotnya sendiri dan terbalik ke luar. Demikian pula, ketika mobil bergerak lambat, muatannya dapat memperbesar gaya sentripetal yang menghasilkan hal yang sama, mobil diangkat dan dibalik ke dalam.

6. Tidak kuat menanjak

Tidak bisa naik adalah potensi bahaya yang sering terjadi pada truk ODOL. Ketika bebannya terlalu berat, kemiringannya terlalu tajam dan tenaga kendaraan tidak tahan, truk akhirnya mogok karena tidak kuat menanjak. Akan lebih baik jika hanya menyerang, jika bagian depan diangkat dan beban yang tumpah bisa sangat merugikan. Demikian pula, jika kendaraan meluncur mundur, konsekuensinya bisa membahayakan pengguna jalan lain di belakang.

7. Kendaraan rusak di tengah jalan

Yang paling umum ditemui adalah sasis bengkok atau patah karena berat muatan jauh melebihi daya dukung maksimum sasis. Belum lagi kalau ada ban meletus dan lainnya.

Jika terjadi kecelakaan, tidak hanya perusahaan akan menderita kerugian tetapi juga pengemudi dan kendaraan lain yang tidak terkait dapat kehilangan nyawa mereka di jalan raya.[Go/Res]

Leave a Reply

Open chat
Halo Maxbro!!!
OTOMAX DISKON VELG MOBIL ???? BISA KREDIT LOH!
Ring 15 : Cuma 3.6Jt
Ring 16 : Cuma 4.3Jt
Ring 17 : Cuma 4.9Jta
Ring 18 : Cuma 5.9Jt

Sudah FREE ++
- Pemasangan
- Spooring
- Nitrogen
- Balancing
- Pentil
- Disc Baut Variasi
- Disc Centering

Kami menyediakan berbagai merk ban :
Pirelli | Yokohama | Michelin | Falken | Continental | Maxxis | Nangkang | Kumho
Accelera | Achilles | Bridgestone | Dunlop | GT Radial | Hankook | Kanati
_
Disini Promonya ?? :
https://linktr.ee/otomaxstore
_
*Jabodetabek | Home Credit
*Luar jabodetabek bisa pakai cicilan Marketplace (Kredivo, Akulaku Dll)
Periode Promo 01 Desember - 31 Desember 2020